Cara Ternak Cacing Sutra Sederhana Dan Mudah

Cara Ternak Cacing Sutra gampang dan sukses
Cara Ternak cacing sutra Saat ini mulai banyak yang melirik bisnis cacing sutra baik bagi pebisnis pemula maupun yang sudah berpengalaman. Kebutuhan cacing sutra pada ketika mulai banyak diperlukan apalagi bagi para peternak ikan hias dan dalam perjuangan pembenihan.
Hal ini menciptakan banyaknya pebisnis yang memulai mempelajari cara ternak cacing sutra dan membuka perjuangan di bidang ternak cacing sutra. Cacing sutra ini sangat berperan penting dalam perjuangan bisnis ikan, sehingga kehadirannya penting untuk memperlancar jalannya bisnis ikan terutama ikan hias.
Cara Ternak Cacing Sutra gampang dan sukses Cara ternak cacing sutra sederhana dan mudah

Hal ini menjadikan ajakan cacing menjadi tinggi dan banyak bermunculan peternak cacing sutra ini. Cara dalam beternak cacing sutra yang sanggup dilakukan yaitu :
Persiapan bibit cacing sutra.
Cara ternak cacing sutra yang pertama ialah menyiapkan bibit cacing sutra yang akan dibudidayakan. Bibit cacing sutra sanggup diperoleh dari alam bebas atau dari toko-toko pertanian supaya lebih praktis. Bibit cacing ini sebelum dipakai hendaknya dikarantina terlebih dahulu selama 2-3 hari. Cara mengkarantina yaitu dengan mengaliri air secara terus menerus semoga basil dan penyakit cacing sutra yang mungkin terbawa sanggup dihilangkan.
Persiapan media tumbuh.
Langkah kedua ialah mempersiapkan media tumbuh dari cacing sutra. Media tumbuhnya cukup gampang yaitu dengan mempersiapkan lumpur dengan ukuran 1x2 meter disarankan mempunyai susukan air masuk dan keluar. media sanggup berupa nampan atau ember. terserah yang penting ada lumpurnya. sedangkan cara beternak cacing sutra tanpa lumpur penulis belum pernah mencoba. hehe
Kemudian dibentuk petakan-petakan dengan ukuran 20 cm x 20 cm x 10 cm dan di antaranya diberi lubang berjari-jari 0,5 cm. Setelah lahan dipersiapkan, lalu lahan tersebut perlu dipupuk semoga cacing sutra sanggup tumbuh dan berkembang.
Pupuk yang dipakai sanggup dengan pupuk sangkar atau dengan ampas tahu. Selanjutnya, lahan perlu difermentasi dengan merendamnya selama 3-4 hari memakai air setinggi 5 cm. Dan yang terpenting dari media tumbuh cacing sutra ialah kondisi air yang baik dan sehat.
Air yang baik untuk ternak cacing sutra ialah air dengan pH sekitar 5.5 -8.0, dan suhu udara juga dihentikan tinggi, yang baik sekitar 25 – 280 C, Sedangkan oksigen pada air sekitar 2,5 – 7,0 ppm.
Penebaran bibit
Setelah lahan siap, inilah hal yang penting diperhatikan pada cara ternak cacing sutra ialah menebar bibit cacing sutra pada lahan yang sudah disiapkan. Bibit cacing ditebar pada lahan yang sudah siap dan terus dialiri air dengan debit yang kecil dan lambat.
Pemberian pakan cacing sutra. Pemberian pakan cacing sutra dalam proses ternak ialah hal yang harus dilakukan untuk sanggup berkembang biak dengan baik. Pakan yang dipakai juga harus merupakan pakan yang berkualitas. Cacing sutra makan dengan menelan masakan bersama dengan sedimennya sehingga perlu menyediakan masakan tersebut. masakan utama cacing sutra sanggup berasal dari materi organik yang bercampur lumpur atau sedimen pada dasar perairan.
Panen cacing sutra.
Hal yang sangat ditunggu-tunggu dalam cara ternak cacing sutra ialah proses panen. Panen cacing sutra sanggup dilakukan setiap dua ahad sekali. Cara panennya sanggup dengan memakai serok dengan materi halus. Kemudian dimasukan ke dalam wadah berisi air dengan ketinggian 1 cm di atas media budidaya. Hal ini dilakukan semoga cacing sutra sanggup naik ke permukaan.

Demikian cara ternak cacing sutra gampang dan sederhana yang sanggup kami sampaikan. Apabila terdapat kekurangan disana sini kami mohon maaf. Mungkin dimasa yang akan tiba akan kami lengkapi 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel