Cara Budidaya Lada Perdu Di Polybag

Cara Budidaya Lada Perdu di polybag 

Cara budidaya lada perdu - Selamat berjuang dan sanggup bangun diatas kaki sendiri di tanah negeri sendiri. Terimakasih kepada para pembaca atas apresiasinya dalam blog budidaya jamur tiram cukup mendapat sambutan dari para pembaca
Lada merupakan salah satu komoditas bumbu dapur yang banyak diperlukan oleh masyarakat Indonesia.Maka, tak heran kalau tumbuhan yang satu ini banyak dibudidayakan oleh petani Indonesia. Untuk membudidayakan lada ada, sekarang ada dua cara yaitu budidaya lada panjat dan budidaya lada perdu.
Dari keduanya, cara budidaya lada perdu ialah yang lebih efisien dibanding lainnya. Budidaya lada perdu berbeda dengan budidaya lada panjat. Hal yang paling menonjol ialah bahwa budidaya lada perdu tidak membutuhkan tiang panjat.Yang mana tiang panjat sekarang semakin sulit didapatkan.Selain itu, budidaya lada perdu juga mempunyai banyak kelebihan lainnya ibarat biaya produksi lebih murah, pemeliharaan lebih mudah, dan pemanenan lebih mudah.Semuanya tanpa mengurangi produktifitas tanaman.
 Selamat berjuang dan sanggup bangun diatas kaki sendiri di tanah negeri sendiri Cara Budidaya Lada Perdu di polybag

Serta masih ada banyak sekali kelebihan lainnya. Untuk itu kali ini kita akan membahas wacana bagaimana cara membudidayakan lada perdu yang menguntungkan
Untuk melaksanakan cara budidaya lada perdu, hal pertama dan utama yang harus diketahui dan dikuasai dengan baik ialah wacana bagaimana menentukan materi tumbuhan dan mutu benih berkualitas. Untuk materi tumbuhan atau bibit tumbuhan lada bisa diperoleh melalui stek batang tumbuhan induk.Untuk mendapat tumbuhan lada perdu berkualitas baik, maka tumbuhan tersebut harus memenuhi syarat mutu benih. Lalu, bagaimana cara menciptakan bibit lada perdu yang baik dan benar?
·         Perhatikan kualitas lahan pembibitan lada perdu
Faktor utama keberhasilan menciptakan bibit lada perdu yang berkualitas ialah bagaimana interaksi antara dua faktor utama yaitu mutu benih dan lingkungan kawasan dimana benih tersebut tumbuh.Untuk itu perhatikan kualitas lahan pembibitan lahan perdu biar benih bisa berproduksi secara optimal.
·         Persiapkan media tanam dan lahan pembibitan lada perdu dengan baik
Untuk media tanam yaitu merupakan adonan antara top soil (tanah bab atas) dan pupuk kandang.Perbandingan keduanya yaitu 2:1.Lalu masukan adonan kedua materi tersebut ke dalam polibag.Gunakan polibag ukuran 15x20 cm. Selanjutnya tata polibag di bawah rangka bambu.Setelah itu biarkan selama sekitar 2 ahad hingga ditumbuhi oleh rumput.Tumbuhnya rumput merupakan tanda media tanam siap untuk digunakan.
·         Persiapan materi tumbuhan lada perdu
Setelah media tanam siap, maka selanjutnya dalam cara budidaya lada perdu ialah menyiapkan materi tanaman. Sebelumnya sudah dikatakan bahwa materi tumbuhan bisa diperoleh melalui stek. Nah, pastikan sempurna dalam menentukan cabang yang distek.Sebaiknya pilihlah cabang yang sudah berkayu namun belum terlalu tua.

Itulah cara menciptakan bibit lada perdu. Selanjutnya perlakukan materi tumbuhan lada perdu dengan sempurna biar kondisinya lebih baik sebelum disemaikan.Nah, kalau sudah mencapai umur 4 bulan, maka bibit lada sudah bisa dipindahkan dari polibag ke lahan.Untuk budidaya lada perdu, Anda bisa memberlakukan sistem tumpang sela dengan tumbuhan tahunan.Bisa diperlakukannya sistem tumpang sela juga menjadi salah satu kelebihan dari budidaya lada perdu.Semakin tertarik untuk melaksanakan budidaya lada perdu? Maka, pelajari lebih dalam wacana cara budidaya lada perdu. Semoga sukses!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel