4 Kunci Sukses Cara Budidaya Ikan Cupang

4 Kunci Sukses  Cara Budidaya Ikan Cupang
Cara budidaya cupang - Hallo, selamat pagi gimana kabar pembaca semua. Semoga sehat wal afiat dan semakin sukses. Setelah kemarin kita bahas cara ternak kroto, kini saatnya membahas cara ternak cupang.
Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak diminati oleh aneka macam kalangan. Tubuhnya yang bagus dan dengan ekornya yang warna-warni menciptakan ikan ini menjadi lebih menarik untuk dijadikan sebagai ikan hias. Banyak orang yang membudidayakannya, dengan cara budidaya ikan cupang yang tidak gampang dilakukan. 
Tetapi walau agak sedikit sulit tetapi bukan berarti tidak bisa. Ada beberapa faktor yang menentukan kesuksesan dalam ternak cupang. mungin artikel di bawah ini sanggup menjadi citra umum. Dan pastikan juga ke 4 aspek di bawah ini diterapkan dalam budidaya cupang :
 selamat pagi gimana kabar pembaca semua 4 Kunci Sukses  Cara Budidaya Ikan Cupang

Memilih induk yang berkualitas.
Dalam memulai cara ternak ikan cupang, hal yang pertama dilakukan ialah menentukan indukan ikan cupang yang berkualitas. Memilih indukan ikan cupang yang baik dan berkualitas ini mempunyai kegunaan untuk mendapat anakan ikan cupang yang baik pula. Sehingga perlu untuk mendapat ikan cupang dengan kualitas yang baik sebagai bibit
Selain itu, ikan cupang yang dipilih juga harus dari ikan cupang yang sejenis. Cara menentukan indukan ikan cupang yang berkualitas yaitu jikalau cupang jantan maka pilihlah ikan cupang yang mempunyai umur 4-8 bulan, dengan tubuh yang sudah agak besar, sirip ekor tebal atau panjang, dan gerakannya yang agresif.
Sedangkan untuk ikan cupang betina yang mempunyai kualitas bagus pilihlah ikan cupang yang berumur 3 hingga 6 bulan, dan ikan ini dalam kondisi sehat tanpa ada cacat fisik. Ikan cupang juga terlihat gesit.

Mempersiapkan daerah budidaya.
Cara budidaya ikan cupang perlu mempersiapkan daerah budidaya yang baik. Tempat yang dipakai untuk budidaya sanggup memakai ember atau akuarium diubahsuaikan dengan kondisi atau dilema permodalan yang ada. Untuk daerah pemijahan sanggup memakai wadah kecil. Wadah kecil ini mempunyai kegunaan untuk memisahkan ikan betina alasannya ialah ikan betina tidak sanggup pribadi dicampur dengan ikan jantan.

Pemijahan
Proses pemijahan merupakan proses yang perlu diperhatikan alasannya ialah terjadi proses perkembang biakan dari ikan cupang. Pemijahan dalam cara budidaya ikan cupang dilakukan dengan cara penggabungan antara ikan jantan dan betina. Namun, sebelumnya perlu dilakukan pemisahan wadah dimana ikan cupang betina dimasukan ke dalam wadah kecil dengan materi bening.
Kemudian wadah berisi ikan cupang betina itu dimasukan perlahan ke dalam wadah ikan cupang jantan berada. Kedua ikan itu dibiarkan selama 1 hingga 2 hari untuk beradabtasi. Selama 2-8 jam ikan cupang jantan akan menciptakan sarang ibarat gelembung-gelembung gas. Jangan lupa menyiapkan media pijah dengan memakai daun ketapang, plastik, atau tanaman air lain. Hal ini akan dipakai oleh ikan jantan untuk meletakan gelembung gas.
Setelah sehari barulah ikan betina dilepaskan ke wadah ikan jantan. Ikan jantan akan menyebarkan ekornya untuk menarik perhatian betina sehingga ikan betina akan mengeluarkan sel telur dan lalu akan dibuahi oleh sperma.

Perawatan anakan cupang.
Seetelah telur ikan cupang menetas akan menghasilkan anakan yang penting untuk dirawat dalam cara budidaya ikan cupang ini. Perawatan yang baik untuk anakan cupang ialah dengan memberikannya masakan ibarat kutu air, larva nyamuk, atau cacing sutra.
Selain itu kebersihan kondisi air juga perlu diperhatikan biar ikan terhindar dari aneka macam penyakit dan bakteri. Karena adakalanya penyakit ikan cupang terjadi alasannya ialah kondisi air yang kurang sehat.


Demikian cara budidaya ikan cupang yang sanggup kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga berkenan dihati pembaca semua. Dan apa yang kami tulis ini sanggup bermanfaat untuk pembaca. Akhir kata semoga sukses

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel